Rabu, 19 Juni 2013

Tujuan ASEAN dalam Deklarasi Bangkok

Tujuan ASEAN atau singkatan dari Association of South East Asian Nations yang artinya Pehimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.


ASEAN sendiri resmi dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 yaitu dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok (Bangkok Declaration) oleh 5 Menteri Luar Negeri dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand di Bangkok, Thailand. 5 Menteri Perwakilan ASEAN tersebut adalah sebagai berikut :
  • Adam Malik (Indonesia)
  • Tun Abdul Razak (Malaysia)
  • S. Rajaratnam (Singapura)
  • Nercisko Ramos (Filipina)
  • Thanat Khoman (Thailand)
Adapun dalam deklarasi bangkok tersebut disebutkan beberapa tujuan didirikannya ASEAN, seperti

Tujuan ASEAN

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara Asia Teggara melalui usaha bersana dalam senangat persamaan dan persahabatan bagi suatu masyarakat yang makmur dan damai.
  2. Memelihara keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara tanpa ikut campur terhadap masalah dalam negeri anggota.
  3. Mewujudkan kerjasama aktif dan saling membantu dalam masalah kepentingan bersama dibidang ekonomi, sosial, budaya, tehnik, ilmu pengetahuan, Administrasi.
  4. Menyediakan bantuan terhadap satu dengan yang lainnya dalam bentuk latihan dan fasilitas penelitian dalam bidang pendidikan, propesi, tehnik, dan administrasi.
  5. Melakukan kerjasama yang lebih efektif untuk memanfaatkan industri dan pertanian, perluasan perdagangan termasuk studi tentang masalah yang menyangkut komoditas perdagangan international, perbaikan fasilitas transfort dan komunikasi, serta peningkatan standar kehidupan masyarakat.
  6. Memajukan studi tentang bangsa Asia Tenggara.
  7. Mempertahankan kerjasama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi regional dan international yang mempunyai tujuan berupa dan meneliti semua cara untuk mengadakan kerjasama yang lebih diantara diadakan konferensi Tingkat Tinggi Asean (KTT ASEAN)
Nah, semoga dengan sedikit artikel mengenai Tujuan ASEAN pada Deklarasi Bangkok diatas dapat berguna dan bisa menambah pengetahuan kita semua. Selamat belajar yaa