Sabtu, 23 Juli 2016

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat Lamaran Kerja - Lulus kuliah udah, saatnya melamar pekerjaan dong. Nah, hal yang cukup penting saat melamar pekerjaan yaitu surat lamaran kerja. Yups, surat lamaran kerja yang kita buat dengan baik dan benar akan membuat peluang kita untuk diterima bekerja semakin tinggi.

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar bisa diterima bekerja? Nah, kali ini kita akan membahasnya dengan melihat langsung contoh surat lamaran kerja. Langsung aja yuk, dilihat contoh-contoh surat lamaran kerja dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Girtandi Gloria
Jl. Durian Raya No. 15
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Girtandi Gloria, seperti yang dimuat di harian Koran Merdeka tanggal 6 Januari 2015, saya ingin mengajukan diri untuk bergabung ke dalam tim Finance & Accounting di PT. Girtandi Gloria.

Berikut ini adalah biodata saya:

Nama: Reza Oktovian
Tempat, Tanggal Lahir: Cirebon, 16 April 1990
Usia: 21 tahun
Pendidikan Terakhir: STMIK AMIKOM (S1)
Alamat Asal: Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili: Jl. Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon: 08522703xxxxx
Email: Reza_Oktovian@gmail.com

Saat ini saya dalam kondisi kesehatan yang baik (tidak pernah sakit keras), mampu berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Nilai yang saya dapatkan saa mengikuti kuliah sangat memuaskan, serta memiliki kemampuan komunikasi dan leadership yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan komputer, mengoperasikan MS Office, seperti Excel, Word, PowerPoint, berselancar di internet, maupun kirim mengirim surat dalam Bahasa Inggris.

Posisi saya saat ini adalah sebagai staff finance di PT. Barusa Finance. Saya senang belajar, dapat bekerja dalam tekanan, serta bekerja mandiri maupun tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup.
2.      Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.      Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan saya untuk wawancara dengan perusahaan Bapak/Ibu, sehingga perusahaan bisa lebih mengenal saya..

Demikian surat lamaran ini saya kirimkan.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,
Reza Oktovian

Contoh Surat Lamaran Kerja (2)

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Mawar Merah No 88
Jakarta Barat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Nopermber 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                      : Siswono Suryo
Tempat / tgl. lahir       : Jakarta, 05 mei 1995
Pendidikan Terakhir       : S1 Manajemen Informatika
Alamat                    : Jl Penggangsaan Timur No 56
Telepon (HP)              : 081234567891
Status                    : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,
Siswono Suryo

Contoh Lamaran Kerja


Nah, itu tadi beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Kalian bisa menjadikannya referensi saat membuat surat lamaran kerja sendiri. Tapi tidak harus sama persis, karena sebenarnya tidak ada acuan bakunya. Yang terpenting buatlah surat lamaran kerja yang sekiranya dapat membuat orang tertarik untuk membacanya.